Short Story

“Terdepan dalam memberi layanan Pengelolaan Limbah Minyak Jelantah yang Bertanggung Jawab, Berbasis Pemberdayaan dan Sedekah pertama di Indonesia ”

Sedekah Minyak Jelantah

by Kang Akbar

  • Rp250,000,000

    Funding Goal
  • Rp0

    Funds Raised
  • Campaign Never Ends

    Campaign End Method
Raised Percent :
0%
Minimum amount is Rp25000 Maximum amount is Rp5000000
Rp
Depok, Indonesia

Kang Akbar

2 Campaigns | 0 Loved campaigns

See full bio

Campaign Story

LATAR BELAKANG
Perlu kita ketahui bersama bahwa ada bahaya yang dapat ditimbulkan dari minyak jelantah bagi kesehatan tubuh, ketika minyak tersebut digunakan terus menerus untuk menggoreng makanan.
Dan juga minyak jelantah dapat mencemari lingkungan ketika dibuang sembarangan ke lingkungan. Berikut ini pembahasan dua permasalahan tersebut.
Apa Saja Bahaya Minyak Jelantah Bagi Tubuh Jika Dipakai Untuk Menggoreng Makanan Terus Menerus ?
Nyatanya, semakin sering Anda mengonsumsi gorengan yang dimasak dengan minyak jelantah, semakin besar pula bahayanya buat tubuh Anda. Berikut sejumlah bahaya minyak jelantah bagi kesehatan.
  1. Infeksi bakteri
Minyak yang sudah dipakai berkali-kali akan jadi sarang untuk perkembangbiakan berbagai jenis bakteri. Salah satunya yaitu Clostridium botulinum, bakteri penyebab penyakit botulisme. Bakteri-bakteri tersebut akan makan dari partikel dan remah-remah sisa gorengan yang ada di panci atau minyak. Maka, menggoreng dengan minyak bekas pun akan membuat Anda lebih rentan kena infeksi bakteri.
  1. Meningkatkan risiko kanker
Selain bakteri, minyak jelantah juga jadi sumber radikal bebas. Radikal bebas akan ikut terserap ke dalam makanan yang digoreng dan masuk ke dalam tubuh Anda. Di dalam tubuh, radikal bebas akan menyerang sel-sel dalam tubuh dan menjadi karsinogen yaitu penyebab kanker.
Semakin sering Anda menggoreng dengan minyak jelantah, makin banyak pula radikal bebas yang menumpuk dalam tubuh dan menyebabkan mutasi gen. Sel dalam tubuh Anda pun lebih rentan berubah jadi sel kanker.
  1. Meningkatkan risiko penyakit degeneratif
Menurut penelitian oleh para ahli dari University of the Basque Country di Spanyol, minyak jelantah mengandung senyawa organik aldehid. Senyawa ini diketahui bisa berubah menjadi karsinogen dalam tubuh Anda. Selain itu, aldehid juga bisa memicu penyakit degeneratif kronis. Misalnya penyakit jantung penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson.
  1. Kelebihan berat badan atau obesitas
Bahaya minyak jelantah yang sering tak disadari adalah kadar kalori dan lemak trans yang akan semakin meningkat. Menurut sebuah penelitian dalam jurnal Food Chemistry tahun 2016, minyak zaitun yang sebelum digoreng tidak mengandung lemak trans pun akhirnya akan mengeluarkan lemak trans juga setelah dipakai menggoreng berkali-kali.
Kalori dan lemak trans yang berlebihan akan memicu kelebihan berat badan, bahkan sampai obesitas. Obesitas sendiri bisa menyebabkan berbagai komplikasi serius seperti diabetes dan penyakit jantung.

Reviews

There are no reviews yet.

Be the first to review “Sedekah Minyak Jelantah”